Thursday, October 18, 2012

7 Tips Memulai Belajar Fotografi dengan Kamera DSLR

Dunia fotografi saat ini semakin digemari banyak orang. Mungkin Anda adalah salah satunya? Teknologi Digital SLR (DSLR) adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam perkembangan dunia fotografi saat ini. Memiliki kamera DSLR tentunya merupakan impian untuk memulai hobi fotografi Anda. Mengenal kamera DSLR (Sekilas tentang Kamera DSLR) dan Bagaimana Memilih Kamera DSLR bisa jadi pilihan Anda sebelum memulai belajar fotografi lebih lanjut.

Berikut 7 tips sharing untuk memulai belajar fotografi.
  1. Kenali Kamera - baca buku manual sebelum mengutak-atik kamera Anda. Saya akui kadang malas untuk membaca buku yang tebalnya bisa ratusan halaman, maunya sih langsung aja beraksi dengan kamera kita hehe... Nah dalam kasus ini hilangkan dulu rasa malas, karena membaca manual akan sangat bermanfaat.
  2. Gunakan Mode Manual - Mode auto pada kamera DSLR seringkali menjadi pilihan favorit karena mudah dan cepat, tapi sayangnya tidak memberikan kepuasan kreatifitas. Kelebihan utama kamera DSLR dibandingkan dengan kamera point and shoot adalah pada Mode Manual yang memungkinkan kita untuk berkreasi seluas-luasnya. 
  3. ISO, Aperture dan Shutter Speed - melanjutkan tips diatas untuk memulai dengan Mode Manual, perlu pemahaman ketiga elemen tersebut. Lebih jauh mengenai hal tersebut ada di pembahasan tentang Memahami konsep Exposure (segitiga exposure : ISO, Aperture dan Shutter Speed)
  4. Selalu Membawa Kamera - salah satu alasan mengapa sebagian orang banyak kehilangan momen penting adalah karena mereka tidak membawa kamera saat momen itu terjadi.
  5. Mulai dengan Lensa Kit - ini adalah lensa standar bawaan saat kita membeli kamera DSLR, lensa ini sangat layak untuk memulai belajar fotografi, karena itu jangan sampai karena keinginan untuk memiliki lensa tertentu menghambat Anda untuk segera memulai. Nah seiring dengan peningkatan kemampuan dan kebutuhan barulah mulai berfikir untuk menggunakan lensa yang lain, tentunya harus dengan bijak sesuai kebutuhan dan kocek tentunya :)
  6. Potret dan Potret lagi - jangan ragu untuk terus memotret, semakin sering memotret, kita akan semakin memahami karakter kamera kita dan tentunya juga hasil foto sesuai keinginan kita.
  7. Mentor - belajar sendiri atau otodidak memang tidak ada salahnya, apalagi di era internet dan multimedia saat ini sangat mendukung untuk mendapatkan berbagai referensi dengan sangat mudah. Namun proses pemahaman kita tentunya akan berbeda jika kita mempunyai mentor atau orang yang lebih berpangalaman yang bisa kita tanya langsung.      



Yang tidak kalah penting dari tips di atas, nikmatilah hobi fotografi Anda dan jangan ragu untuk mengirimkan hasil jepretan kamera Anda kepada teman-teman dan orang-orang yang Anda sayangi, mintalah pendapat mereka dan jadikan pujian, kritik dan saran mereka untuk menjadi lebih maju. Selamat mencoba.