Monday, September 24, 2012

Sekilas Tentang Kamera DSLR

Kamera SLR

SLR adalah singkatan dari Single-Lens Reflex, atau terjemahan bahasa Indonesia brarti Kamera Refleksi Tunggal. SLR, yaitu kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, Focal Plane dan Viewfinder. Sistem tersebut-lah  yang memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya "what you see is what you get".

Hal ini berbeda dengan kamera non-SLR, dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi akan berbeda dengan apa yang ditangkap file, karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda, satu untuk melewatkan berkas cahaya ke viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane.

Kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex)

Pada prinsipnya, cara kerja kamera SLR dan DSLR adalah sama. Perbedaannya terletak pada teknologi digital. Pada kamera SLR masih menggunakan file sebagai media penangkap, sedangkan kamera DSLR menggunakan CCD dan CMOS.

Apa Saja Komponen pasa Kamera DSLR?

Itu adalah beberapa komponen kamera DSLR, masih banyak komponen lainnya seperti contoh pada gambar "Nikon D3100" pada awal artikel ini.