Thursday, October 25, 2012

Cara Membuat Watermark pada Foto

watermark photoshop
Kenapa harus membuat watermark pada hasil foto kita? yah sebenarnya tidak ada yang meng-harus kan juga sih, tapi mari kita pahami dulu pengertian watermark. Seperti pengertian pada artikel sebelumnya (Daftar Istilah Fotografi) pada abjad "W", watermark diterjemahkan secara bebas adalah "tanda air", maksudnya yaitu sebagai penanda objek, baik berupa gambar, suara atau video. Pada gambar atau foto, watermark biasanya digunakan sebagai penunjuk keasliannya atau untuk memberi tanda hak cipta.


Nah, walaupun hasil foto Anda tidak/belum bernilai komersial, tidak ada salahnya kan diberikan watermark? minimal sebagai informasi bahwa foto tersebut adalah Anda yang jepret :) Berikut step-step nya Cara Membuat Watermark pada Foto.

Step 1 - Pilih salah satu foto hasil karya Anda, kemudian buka dengan menggunakan Photoshop (pada tutorial ini saya menggunakan CS5). Foto yang saya gunakan adalah foto panning delman yang saya potret di seputaran Monumen Nasional (Monas).

Step 2 - Penulisan teks; tekan tombol T (Horizontal Type Tool) pada tool bar sebelah kiri, dan kita akan dibawa pada pangaturan huruf (font):

watermark photoshop
Lihat gambar di atas untuk langkah sesuai urutan nomor berikut:
1. Tipe huruf (set the family font), saya menggunakan Arial
2. Font style (set the font style), saya pilih Bold
3. Ukuran huruf (set the font size), saya pilih 48 pt, dan
4. Pilihan warna teks (select text color), saya menggunakan kode warna # bfb2b2, seperti gambar di bawah.


Empat pengaturan tersebut dapat dirubah-ubah sesuai dengan ukuran foto dan selera Anda, silahkan ber-eksperimen :)

Step 3 - Pada posisi tombol "T" masih aktif, tentukan posisi kursor pada bagian foto dimana watermark akan diletakkan dan klik, kemudian ketik kalimat yang diinginkan sebagai watermark. Setelah penulisan selesai klik tombol Move Tool (V) pada tool bar sebelah kiri. Pada kondisi ini teks yang sudah diketik juga dapat dipindah-pindahkan posisinya.

cara membuat watermark dengan photoshop

Step 4 - Langkah berikutnya adalah memberi efek pada teks, pilih Layer > Layer Style > Bevel dan Emboss. Pengaturannya seperti pada gambar berikut.


Klik Ok jika pengaturan sudah sesuai keinginan Anda.

Step 5 - Kita beralih pada palet Layer seperti pada gambar berikut, ganti blending options menjadi Screen dan Opacity 40% (cobalah untuk mengganti-ganti persentase tersebut sampai Anda mendapatkan hasil yang pas sesuai keinginan)

watermark photoshop

Step 6 - Jangan lupa untuk menyimpan file tersebut, File > Save As ... kemudian tentukan di folder mana file akan disimpan (Save in), beri nama file tersebut (File name) dan ganti format sesuai keingian Anda (JPEG, PNG atau TIFF).

Nah selesai sudah edit foto dengan watermark, berikut hasil-nya:

watermark photoshop cs5


Selamat mencoba, semoga bemanfaat :)
Baca juga: Cara Membuat Watermark Foto dengan Windows MS-Paint dan Cara Membuat Cut-out Teks dengan Photoshop untuk Watermark Foto atau Icon Website.