Friday, November 23, 2012

5 Elemen Komposisi dalam Fotografi

Dari berbagai sumber dan referensi, cukup banyak elemen-elemen yang membentuk komposisi pada sebuah foto. Tidak ingin terlalu melebar dengan banyaknya elemen tersebut, pada kesempatan kali ini saya ingin memulai dengan 5 elemen komposisi foto berikut ini:


1. Rule of Thirds

Dalam dunia fotografi, seperti juga pada pengertian Rule of Thirds pada daftar istilah L-R , atau disebut juga  aturan 1/3 bagian adalah merupakan suatu petunjuk bagaimana caranya memposisikan objek di 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan atau pedoman, karena tidak selamanya penempatan objek di 1/3 bagian foto lebih enak dilihat, tergantung dari objek dan hasil foto dari tiap fotografer. Untuk jelasnya pada ilustrasi gambar berikut:

rule of third composition

Posisi 1/3 bagian adalah pada titik-titik persimpangan atau pertemuan antara garis horisontal dan vertikal (salah satu posisinya adalah pada titik di bulatan biru), dan juga pada sepanjang garis vertikal atau horisontal (salah satu posisinya pada garis horisontal biru). Lebih jelas lagi pada contoh foto berikut:

Rule of Thirds Portrait



Rule of Thirds beach
image By Carson Matthews

2. Background - Latar Belakang

Latar belakang atau background yang ramai (busy) seringkali menggangu fokus pada objek utama, sedangkan keselarasan atau kesederhanaan background akan semakin mengarahkan fokus dan menguatkan objek utama.

rule of thirds Flower
image By Bahman Farzad

3. Pattern (Pola)

Banyak pattern atau pola disekitar kita, kumpulan pola yang sama seperti pada jendela-jendela gedung, tangga, atau pola pada sebuah daun.

building pattern composition
image By Mattias Backstrom

window building Pattern
image By VinothChandar

Banana leaf Pattern
image By David Boag

4. Lines (Garis)

Seringkali kita tidak menyadari kehadiran garis alami pada objek disekitar kita, seperti Horison (garis cakrawala), garis pantai, pematang sawah, jalan, rel kereta api, ubin keramik dan sebagainya. Pada dasarnya garis-garis tersebut dibagi menjadi 4, yaitu: horisontal, vertikal, diagonal dan lengkung (kurva).

Garis Horisontal

Horizontal Lines beach
image By jaikdean

Garis Vertikal
Vertical Lines composition
image By APharmGirl

Garis Diagonal
diagonal line composition
image By Marshall Anderson

Diagonal photography composition
image By Lars Trebing

Garis Lengkung (Kurva)
Curved komposisi fotografi
image By Tricia L2009

Flowe Curvy composition
image By mlh-photography
5. Framing (Pembingkaian)

Framing atau pembingkaian disini maksudnya adalah menggunakan objek lain dalam foto untuk membingkai objek utama. Lebih jelasnya pada foto berikut:

Framed Wall
image By robysaltori

framming composition
image By kern.justin

Semoga bermanfaat dan ditunggu komentarnya :)

2 comments: