Monday, October 15, 2012

Pilih Kamera Anda, Tips Memulai Belajar Fotografi

Nikon vs Canon
- Kamera DSLR -
Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali Kamera DSLR yang beredar di pasaran. Seperti halnya saya saat pertama kali ingin membeli kamera DSLR, mungkin begitu juga dengan sebagian besar pehobi fotografer pada awalnya seringkali bingung dengan berbagai pilihan merek kamera DSLR yang ada. Masing-masing mereka tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya.
Bagaimana cara memilih kamera yang tepat sesuai kebutuhan Anda? 7 tips berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli kamera DSLR impian Anda.
  1. Harga. Berbagai merek dan tipe kamera DSLR memiliki variasi harga yang beragam sesuai fitur yang ditawarkan. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Yakinlah akan selalu ada pilihan untuk hal ini, jangan sampai karena hanya ingin memiliki DSLR dengan banyak fitur Anda mengurungkan niat membeli karena tidak sesuai budget. 

  2. Kegunaan. Berhubungan dengan harga di atas, adalah hal yang kurang bijak dalam memilih kamera DSLR dengan membeli yang paling mahal namun kita belum mengerti cara pengoperasiannya. Pelajari terlebih dahulu fitur-fitur kamera DSLR yang akan dibeli, banyak referensi di internet mengenai hal ini. Apakah fitur-fitur kamera tersebut sesuai kegunaannya dengan tujuan Anda?

  3. Resolusi. Kamera dengan resolusi tinggi berpengaruh pada hasil cetak foto. Apabila Anda gemar mencetak atau salah satu tujuan utama Anda memiliki kamera DSLR adalah hasil cetak foto, maka DSLR dengan resolusi tinggi patut Anda pertimbangkan. Pertimbangkan seberapa penting hasil cetak foto yang Anda inginkan. Kecuali untuk Advertising Printed yang biasanya berukuran sangat besar, menurut hemat saya resolusi terkecil untuk standar kamera DSLR yang ada saat ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi hobi fotografi Anda.

  4. Ukuran. Kebanyakan kamera DSLR memang berukuran jumbo dan tidak seperti kamera digital pocket. Namun ada juga beberapa kamera DSLR yang berukuran tidak terlalu besar, biasanya untuk pemula yang sering disebut dengan Entry-level. Hampir setiap merek mempunyai produk untuk kamera Entry-level mereka.

  5. Konektifitas. Beberapa jenis kamera DSLR menawarkan fitur tertentu untuk memindahkan hasil foto dari kamera ke perangkat komputer tanpa melalui kabel data. Pertimbangkan hal ini apakah Anda benar-benar memerlukannya.

  6. Auto fokus. Fitur lainnya pada kamera DSLR yang mungkin perlu Anda ketahui adalah auto fokus, beberapa merek kamera tidak mempunyai fitur ini pada bodi kamera. Hal ini lebih berpengaruh pada  lensa, jika lensa yang Anda miliki merupakan lensa auto, maka hal ini tidak berpengaruh dan kamera tersebut tetap bisa menjalankan auto fokus saat pemotretan.

  7. Pengguna yang sama. Mungkin saja Anda sudah menentukan satu atau dua pilihan, namun sebelum benar-benar membeli DSLR pilihan Anda tersebut, cobalah untuk bertanya kepada teman-teman yang sudah menggunakannya lebih dulu atau mencari informasi di forum atau komunitas pengguna DSLR tersebut. Ini akan sangat berguna saat Anda benar-benar sudah membeli kamera DSLR tersebut, Anda sudah mempunyai teman-teman atau komunitas pengguna yang sama untuk saling berbagi pengalaman :).
 Anda punya tips lain memilih kamera DSLR? atau ingin berkomentar mengenai 7 tips tersebut? Silahkan disampaikan di ruang Komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.      


7 comments:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  2. Salam kenal bang,ane baru mau mencicipi dunia forografi nih....
    dan,tentu nya ane harus ada camera donk,kira-kira kalau budget kita 5-8 jutaan,lebih baik ane harus beli camera dengan tipe apa bang?
    Terima kasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kimbul verdugo; salam kenal sob.
      wah saya tidak terlalu mengikuti perkembangan harga sob,
      tapi dikira2aja sih budget segitu bisa lah utk beli DSLR yg entry level.
      semua brand punya type DSLR ini, tp utk Nikon, pertimbangkan
      utk poin #6 diatas, entry levelnya spt d3100 blm ada motor di bodynya,
      ini berpengaruh saat mau upgrade lensa hrs menggunakan lensa type AF-S
      utk bisa auto focus, dan kensa type ini harganya relatif lebih mahal.

      Delete
    2. Terima kasih saran nya bang,dan kebetulan kemaren aku tanya2 sama yang lain tentang camera yang cocok buat aku,ada yang nyaranin pake EOS 600D dan ada yang bilang bang jangan beli yang second,takutnya udah kebanyakan SC nnya,bisa dijelasin sedikit apa SC itu bang..?

      Terimakasih lagi bang XD

      Delete
    3. SC (Shutter Count) menunjukkan sudah berapa banyak shutter button di pencet (sudah brp foto yg dihasilkan kamera), kira2 begitu pengertiannya sob. Nah, kalo mau beli yg 2nd, emang penting sob utk tau SC nya, masing2 kamera punya limit msg2, kalo dah over ya mesti ganti shutter-nya. Bgm cara cek SC googling aj dl ya sob, kepanjangan kalo dijelasin di komen :) Insya Allah ntr deh ane posting artikel ttg SC.

      Delete
    4. oh,gitu bang...
      makasih penjelasan nya :D

      Delete