Wednesday, January 2, 2013

Pesona Pulau Tidung - Kepulauan Seribu Jakarta

lokasi foto pulau tidung

Pulau Tidung adalah salah pulau di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Sejak 2006 sudah menjadi salah satu tujuan wisata bagi turis lokal maupun mancanegara. Jembatan Cinta --yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil-- merupakan ciri khas atau ikon pulau ini dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 


Jembatan Cinta antara Pulau Tidung dan Pulau Tidung Kecil

Bagi para fotografer ataupun pehobi fotografi, pulau tidung menjadi salah satu lokasi foto favorit, keindahan matahari terbit (sunrise di Pulau Tidung) dan matahari terbenam (sunset) adalah salah satu alasannya. Dengan wisata Snorkling di Pulau-Pulau kecil yang lokasinya berdekatan dengan Pulau Tidung, indahnya pemandangan bawah laut dapat kita nikmati dan diabadikan (underwater photo). Selain itu juga tersedia wisata sepeda berkeliling pulau untuk menikmati keindahan pantai di lokasi yang berbeda (Empat Pantai Indah di Pulau Tidung). Wahana permainan air di tepi pantai antara lain Banana-Boat, Water-Sofa, Jetski, Flying Fox dll.

menuju pulau tidung dari Pelabuhan Muara Angke

Untuk menuju Pulau Tidung, dari Jakarta, biasanya ditempuh melalui dua lokasi yaitu, dari Pelabuhan Muara Angke dengan menggunakan Kapal Ferry 2 dek dengan kapasitas sekitar 120 orang dengan jarak tempuh sekitar 2 jam, dan dari Marina-Ancol yang biasanya menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Pulau Tidung

Selama kurang lebih 2 jam perjalanan melewati pulau-pulau antara lain Pulau Bidadari dan Pulau Onrust, kapal ferry akan bersandar di dermaga Pelabuhan Betok. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan inti tempat kapal-kapal bersandar dan juga sebagai pelabuhan tempat hilir mudik para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung.

Pelabuhan Pulau Tidung

Lihat Juga:

Sumber: catatan dan foto-foto perjalanan penulis ke Pulau Tidung 25-26 Desember 2012
Berminat untuk mengunjungi Pulau Tidung bersama keluarga atau rombongan kantor? Please Contact Us