Friday, November 2, 2012

Konsep Exposure (3): Over-Exposure dan Under-Exposure

Lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengenai konsep exposure (Elemen-Elemen Pembentuk Exposure) dan (Memahami ISO, Aperture dan Shutter Speed). Untuk lebih mudah memahami kita lihat pada contoh ilustrasi foto dibawah ini, bagaimana over-exposure dan under-exposure terlihat pada hasil sebuah foto.


ilustrasi over exposure dan under exposure

Normal-exposure, kondisi dimana pengaturan nilai (ukuran) dari kombinasi tiga elemen eksposur: ISO, Aperture dan Shutter Speed sudah sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan (ambient light) objek foto, sehingga hasil foto terlihat normal.

Over-exposure, kondisi dimana pengaturan nilai (ukuran) dari kombinasi tiga elemen eksposur: ISO, Aperture dan Shutter Speed tidak sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan (ambient light) objek foto sehingga hasil foto terlihat terlalu terang, maka dengan kata lain over-exposure adalah hasil rekam sensor-gambar/film pada kamera yang terlalu banyak (over) menyerap cahaya di lingkungan objek foto.

Under-exposure, sebaliknya dengan pengertian over-expusre di atas, maka dengan kata lain under-exposure adalah hasil rekam sensor-gambar/film pada kamera yang kurang (under) menyerap cahaya di lingkungan objek foto.

<<< Previous .... Konsep Exposure (bagian-2): Memahami ISO,...