Monday, April 22, 2013

Cara Membuat Efek ROL pada Foto dengan Photoshop

efek rol pada foto dengan photoshop
Ada beberapa cara membuat efek ROL pada foto (apa itu efek ROL pada foto?), seperti yang sudah dibahas pada posting sebelumnya Cara Membuat Efek ROL pada Foto dengan Plug in Photoshop, yaitu secara alami, dengan rekayasa di lokasi pemotretan, dan dengan aplikasi (software) edit foto seperti Photoshop. Membuat efek ROL dengan Photoshop mungkin saja bisa dilakukan dengan cara lain, tutorial ini adalah salah satunya yang masih sangat dasar, dari pemula untuk pemula, untuk para “Master ps” mohon saran dan koreksinya ya :-). Berikut ini masih menggunakan Photoshop cara membuat efek ROL pada foto dengan fitur Filter Radial Blur.
                                     
                                       
1. Buka sebuah foto yang akan dibuat efek ROL di Photoshop, pada tutorial ini saya menggunakan CS5. Tidak semua foto dapat dibuat efek ini, carilah sebuah foto yang mendekati untuk tutorial ini, seperti foto yang saya gunakan berikut ini.

cara membuat efek rol pada foto dengan photoshop
image credit: stockvault
                                    
2. Copy layer Background: Layer > Duplicate Layer atau dengan menekan tombol Ctrl+J

membuat efek rol pada foto
                                                     
3. Pada layer Background copy klik menu: Image > Adjustmens > Threshold

efek rol pada foto dengan photoshop
                              
Pada kotak dialog Threshold geser kursor ke kanan agar hanya bagian langit yang berwarna putih, pada contoh foto dibawah isi Threshold Level dengan 165 dan klik OK.

efek rol pada foto
                                                 
4. Sebelum kita membuat efek ROL dengan Filter Radial Blur seperti langkah pada nomor 5, rubah dulu blending pada layer ini dari Normal menjadi Screen.

membuat efek rol pada foto
                                  
5. Kemudian klik menu: Filter > Blur > Radial Blur

cara membuat efek rol pada foto
                     
Pada Filter Radial Blur, kita bisa membuat zoom dari berbagai arah. Lihat kotak dialog Radial Blur, gunakan Blur Method: Zoom, Amount: 100%, Quality: Best. Sebelum kita bermain dengan pengaturan pada Blur Center, harus kita ketahui dahulu sumber dan arah sinar yang kita inginkan. Seperti contoh pada gambar di bawah sumber cahaya adalah matahari yang berasal dari 2/3 sebelah atas kiri. Setelah itu baru kita geser mouse pada Blur Center ke atas sebelah kiri (2/3 frame) dan klik OK.

cara membuat efek rol pada foto dengan photoshop
                 
Sampai disini efek ROL sudah terbentuk.  Jika efek ROL tersebut (garis sinarnya) dirasa kurang panjang, pada layer background copy lakukan duplicate layer (Ctrl+J) kemudian Ctrl+F untuk mengulangi Filter Radial Blur. Ulangi terus proses ini sampai sesuai dengan keinginan dan sesuaikan dengan kondisi pencahayaan foto. 
                                     
6. Beberapa kasus efek tersebut terlihat kurang natural, hal ini bisa dilakukan sedikit editing dengan menghapus garis ssinar yang tidak perlu dengan menggunakan layer Mask, klik menu: Layer > Layer Mask > Reveal All atau klik icon tombol seperti ilustrasi gambar di bawah.

 efek rol pada foto
cara membuat efek rol
                 
Dan juga dengan mengatur warna Hue/Saturation, klik menu: Image > Adjustmens > Hue/Saturation, kemudian atur warnanya agar sesuai dengan foto aslinya. 
                              
7. Hasil akhir efek ROL dengan Filter Radial Blur tampak seperti gambar berikut:

cara membuat efek rol pada foto
          
Dan ini adalah foto sebelum dan sesudah menggunakan Filter Radial Blur untuk membuat efek ROL pada foto:

cara membuat efek rol pada foto dengan photoshop
               
Semoga tutorial cara membuat efek ROL ini bermanfaat. (//pf)