Tuesday, February 26, 2013

Cara Merubah Ukuran (Resize) File PNG dengan Photosop CS5

merubah ukuran file png resize pngMengapa artikel ini saya posting? Sebenarnya hanya sebagai pelengkap saja dan masih berhubungan dengan rangkaian Tutorial Cara Membuat Berbagai Bentuk Tombol Icon Website dengan Photoshop CS5. Sebenarnya ada cara lain --yang mungkin-- lebih simpel menggunakan aplikasi lain, tapi karena saya sering menggunakan photoshop untuk editing hasil foto, maka saya memilih photoshop agar saya terbiasa dengan perintah (command) dan fitur-fitur di photoshop. Berikut  tutorial Cara Merubah Ukuran (Resize) File PNG dengan Photosop CS5:



1. Bukalah sebuah file dengan format PNG dengan latar belakang (background) transparan, berikut ini saya menggunakan File berdasarkan hasil langkah-langkah pada artikel sebelumnya Cara Membuat Tombol Website dengan Photoshop CS5 – Icon Bulat Biru Mutiara yang disimpan (Save as) dengan format PNG. Caranya pilih menu File > Open.

2. Select tombol icon tersebut, caranya pilih menu Edit > Free Transform, maka akan ada bidang yang dibatasi garis yang memungkinkan kita merubah-rubah ukurannya dengan menggeser (drag) titik-titik yang ditandai dengan kotak kecil pada setiap sudut dan tengah garis. 

cara merubah file png di photoshop

3. Lakukan perubahan ukuran (resize), arahkan mouse ke titik di ujung kiri atas kemudian geser secara diagonal (miring) kearah ujung titik kanan bawah.  Agar tidak merubah komposisi bentuk gambar lakukan penggeseran (drag) tersebut sambil tekan tombol Shift pada keyboard.


4.   Kemudian arahkan mouse ke panel Layer, dan klik kanan pada kotak layer dan pilih opsi Select Pixels.
 
menu select pixels di photoshop sc5
Maka akan terlihat bidang seleksi dengan garis putus-putus pada lingkaran gambar.


5. Selanjutnya kita akan memindahkan gambar icon tombol tersebut ke file baru sesuai ukuran yang telah kita rubah ukurannya, caranya  pilih menu Edit > Copy, dilanjutkan dengan pilih menu File > New, dan lakukan pengaturan (pastikan pilihan preset-nya adalah Clipboard, maka nilai yang lain tidak perlu dirubah) seperti gambar ilustrasi di bawah ini kemudian klik Ok:


6. Kemudian pada file baru tersebut, pilih Edit > Paste. Selesai sudah merubah icon tombol tersebut sesuai dengan ukuran yang akan digunakan pada website sobat. Jangan lupa disimpan (sebaiknya dengan file PNG, agar latar belakang tetap transparan, sehingga bisa menyesuaikan dengan foto atau warna latar website), pilih File > Save As...  kemudian pilih PNG pada menu Format.