Friday, October 5, 2012

Foto Human Interest dengan Kamera DSLR Nikon D3100

foto human interest
- Pedagang Kerak Telor #1 -
Kerak telor adalah salah satu kuliner tradisional khas Jakarta. Namun saat ini jarang sekali kita jumpai pedagang kerak telor, kecuali di tempat-tempat tertentu atau pada even tertentu seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ). Selain di PRJ kadang kita dapat menjumpai padagang kerak telor di daerah Monas.

Nah, pada PRJ 2012 saya mencoba untuk motret pedagang kerak telor. Masih menggunakan Nikon D3100 dan selain dengan Lensa kit saya ingin mencoba juga dengan Lensa Manual Carl Zeiss MC Pancolar. Kesulitan menggunakan Lensa manual yang saya rasakan adalah saat mencari fokus, mungkin karena saat itu sangat minim cahaya menjelang malam --atau mungkin karena sudah terbiasa dengan lensa auto fokus hehe...--.

Sebenarnya ini foto lama yang saya sendiri kurang puas dengan hasilnya, tapi tetap saya sharing disini dengan harapan mendapatkan masukan dari Anda pehobi fotografi, terutama dengan lensa manual. Oh ya .. supaya ada kesan jadul, saya retouch black & white menggunakan photoshop. Berikut data EXIF nya.

Data EXIF untuk Foto "Pedagang Kerak Telor #1"

Camera: Nikon D3100
Lens: Nikkor 18-55 mm f/3.5-5.6
Focal Length: 38 mm
Shutter Speed: 1/160 sec
Aperture: F/5
ISO Speed Rating: 200
Flash: (not detected*) - speedlite YN462

Lokasi: Pekan Raya Jakarta, Kemayoran-Jakarta

foto human interest
- Pedagang Kerak Telor #2 -

Data EXIF untuk Foto "Pedagang Kerak Telor #2"

Camera: Nikon D3100
Lens: (not detected**) - Carl Zeiss MC Pancolar 50mm f/1.8
Focal Length: 50 mm
Shutter Speed: 1/160 sec
Aperture: F/4
ISO Speed Rating: 200
Flash: (not detected*) - speedlite YN462

Lokasi: Pekan Raya Jakarta, Kemayoran-Jakarta

Note:
* Flash YongNuo tidak terdeteksi kamera, menurut saya (cmiiw) kemungkinan karena ini merupakan flash third party dan tidak ada chip sebagai connector ke kamera untuk membaca EXIF datanya.
**Pada foto dengan lensa manual, merek dan tipe lensa juga tidak terdeteksi kamera, penyebabnya sama dengan flash Yongnuo.

Bagaimana menurut Anda megenai penyebab pada "Note" di atas? atau mungkin ingin berkementar mengenai perbedaan kedua foto tersebut dengan lensa yang berbeda? Silahkan di share di ruang Poskan Komentar yaa. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment